Sunday, March 20, 2016

LOK CAN - batik tulis Rembang kuno (3)

SPECIFICATION :

Name of Motive :  LOK CAN -  Batik Tulis
Origin                :  Rembang - Central of Java - Indonesia
Process             :  Hand drawn 

Dimension        :  160 X 98 Cm
Type                  :  Sarong 

Material             :  China's SILK
Color                 :  Beige               
Ink                     :  Single color - Black
Ornament          :  Floral & Fauna
Age estimated  :  +/- 150 tahun
Condition          : some parts have holes.. torn...and knitted.
Place founded   :  Lombok - Indonesia.



NOTE : 
Masih bertema flora dan fauna. Aksen motif utama tetap pada si Mitos burung Hong. Persis seperti sampel batik tulis yang pertama warna dasar hijau.
Bentuk burung Hong dibuat lebih abstrak. Jika pada batik tulis hijau porsi gambar lebih besar. Maka di batik ke-3 ini ukuran agak sedang/medium size. Imbuhan ornamen pendamping dipenuhi formasi burung hong kecil. dipenuhi motif bunga dengan ciri utama seperti rupa sisir. Dan pengulangan rupa helai daun mungil berpasangan. Saya menduganya sebagai kelompok tanaman paku-pakuan (fern). Yang sedikit beda adalah kolom penghias sisi pinggir-nya. kwartet kelopak bunga dengan suguhan juntai ranting sambung tak putus. Ada noda bekas luntur warna biru. Bisa akibat proses pencucian yang digabung kain-kain lain. Lunturan BIRU ini apakah relevan jika dikaitkan dengan konotasi nama LokCan? Sebab nyaris sebagian kanal blog/website ada rentet deskripsi tentang frase Lok can adalah asal terjemahan kata china bermakna Sutera Biru. Sebagai referensi pembanding bisa sekedar kunjung di wacana blog kami yang lain http://gala-aksi.blogspot.co.id/2016/04/batik-lokcan.html

Sekalipun terdapat bagian yang koyak karena faktor penuaan bahan. Tapi secara keseluruhan kondisi masih lebih baik daripada batik hijau seperti tercantum pada inset.   





Beberapa bagian kain terlihat warna biru. Bisa jadi luntur akibat waktu pencucian... karena digabung dengan kain yang lain.







No comments:

Post a Comment