Monday, November 23, 2009

BADIK.... tradisional weapon from Sulawesi

Minggu baru kemarin,

Kluyuran pasar tradisional.... sengaja pelototin para penjaja aneka pisau dan parang keperluan aktivitas rutin. Gak sengaja temui 1 badik, senjata khas Sulawesi. Bentuk sarung (warangka) cukup menarik. Dan identifikasi sejawat negri leluhur mengatakan, "spesies" ini merupakan khas daerah Maros, jajaran tanah Makasar.
Kayu masih menunjukkan tipe sama, Kemuning. Tapi berwarna sedikit gelap... kecoklatan. beberapa sisi menampilkan kilau khas keunikan alur kayu Kemuning. Sisi khas lain terlihat pada bentuk ujung warangka yg lancip performa miring. Agak berbeda dengan beberapa item Badik yang sudah terkoleksi sebelumnya.

At least, kini si pendatang baru ini kian menambah khasanah koleksi benda budaya yang saya miliki. Semoga mengundang paritas lain untuk hadir. Iya...semoga! mudah-mudahan.






Bahkan, sebuah hikayat Badik, pernah di katakan tidak saja sekedar senjata tikam biasa. Namun memiliki kandungan spiritual dan filosofis mendalam. Konon, secara fisik diamati bentuknya menyerupai huruf 'arab'. Ba'-Sin-Mim. Secara harfiah translasi di maknai "dengan nama....atau atas nama". Seperti pada pembukaan Kalimat ujar "Bismillah....Bismika".
Menghunus Badik keluar dari sarung berarti siap untuk makan korban. Sebuah konsequensi yang memang seharusnya matang untuk dilakukan. Bukan asal-asalan semata keberanian (apalagi nekat) dan penuh perhitungan. Menyangkut penegakan harga diri.. dan pelecehan kode etik atas pelanggaran nilai-nilai kemanusiaan. Atas bentuk penindasan, kesewenangan dan penjajahan pihak tertentu. Baik menyangkut masalah pribadi maupun komunal.
Dan implementasi dasar-nya (kadang) menjadi kajian dilematis. "Bismika Allahumma...." Demi atas nama 'Kebenaran' atau malah terkontaminasi unsur 'Pembenaran'. Patutlah di renungkan.....,



1 comment:

  1. kereng gan.. save ya.
    tahukah anda, saat ini indonesia sedang demam batu, tak ketinggalan batu kecubung asihan yang dicari banyak orang, konon batu kecubung tersebut memiliki khasiat batu kecubung yang ampuh untuk menaklukkan lawan jenis atau ingin mendapatkan pasangan idaman, jika anda juga ingin mendapatkannya klik DISINI>> kecubung asihan

    ReplyDelete