Friday, May 1, 2015

Akik Feros Lombok


Mengenal batuan lokal.......,
Agak beda tampilan fisik, jika dibandingkan dengan paras umum-nya fairus/pheros. Variasi warna tubuh dibatu ini sedikit unik. Berbaur warna dominan kusam dual color hijau & biru, diselingi rekah pembatas/ outline  warna coklat. Biru pekat seperti khas warna tinta kadang ditemui dibeberapa spot sebagai imbuhan tersendiri. Kilau-nya mendekati efek mother of pearl... sensasi kulit dalam kerang. Jika di sorot detil via intipan loop/magnifier terlihat pirit, butiran super mungil.
Berbagai rupa batu ini bisa menghadirkan aneka nuansa rupa. Dari yang kusam... hingga dominasi coklat dengan kilau legam menawan. Noktah biru tinta sepertinya merupakan warna favorit yang di cari. Jika dikaitkan dengan padanan fairus bisa jadi relevansi dengan formasi alur serat permukaan-nya. Berpetak-petak... tidak selayak fairus dengan semburat alur serat dengan beda formasi.
Jika dominan polos... ditandai dengan dominasi hijau pastel muda, warna cenderung pucat... terlihat tidak begitu eksotis dibanding tipikal yang lebih matang. Kemungkinan faktor proses pembentukan unsur mineral yang belum maksimal.

Sejauh ini dibilang para pemain lokal menyebutnya dengan istilah mudah.. akik Feros Lombok. Terkait dengan faktor similarity tadi. Beberapa oknum pemain lain bahkan menyebut bahwa batu ini memang tidak begitu mendapat perhatian di rana lokal. Tapi tidak dengan di rantau sana. Konon, di negri jiran Malaysia batu akik Lombok ini sudah dikenal publik lebih dulu. Memberi nuansa tersendiri... terutama yang tone legam, Ke-Coklat-an.. brownish dengan taburan warna gradasi kebiruan.. biru tinta, tentu dengan format petakan yang telah menjadi ciri utama-nya. Yah! sebagai pembanding... kurun waktu kedepan akan saya posting jika menemui tipe yang dimaksudkan.
Trus, gimana bisa batu ini kelayapan di malaysia sono..., Alasan paling reasonable, ada cetus opini mengatakan klo beberapa contoh. Entah berupa mata cincin dan sampel rough yang pernah dibawa sebagai cindera mata khusus dibawa oleh para Tenaga kerja asal Lombok sebagai pemberian maupun hadiah bagi relasi, kerabat dan mungkin demi perkuat koneksitas sebangsa-serumpun. Baik yang kunjung kesekian kali maupun titip via TKI/TKW lain-nya yang hendak berangkat. Jalur mata rantai ini paling memungkinkan. Atau, jangan-jangan sudah ada misioner pembawa khusus batu ini demi menopang arus sirkulasi bisnis gemstone disana. Menyumbang stok bebatuan khas asal indonesia (Lombok - NTB). 

Memang masih berupa kabar cas-cis-cus.... selentingan kabar mulut ke mulut yang beredar di kalangan tertentu. Eks TKI...maupun para juragan dan oknum PJTKI. Tapi, jika terbukti benar, ini menjadi bakal menjadi poin menggembirakan. Setidaknya telah terbentuk pangsa pasar khusus di luaran sana. Animo sudah terjalin dengan geliat market. Sekalipun mungkin juga, begitu sampai disana telah di labeling nama lain. Ini sudah sangat wajar... trik pasar selalu memilih celah ptensial dengan merubah mind set dan trending topik dalam bidang apapun. Termasuk dunia gemstone sebagai realisasi penunjang bidang fashion. Life style dan pola manusia berinteraksi dengan peradapan.
Oh, pakcik & makcik... have you been owning this gems as your accessoris or collectible items?  will you? or we gonna be shinning thru...,

Salam gems-lover! 


SPESIKASI

Jenis : ---
Bentuk : Oval
Cutting style : Cabochon
Dimensi :19 x 14.5 x 8 (mm)
Color : green pastel & varian blue 
Clarity : opaque
Origin : Lombok - Indonesia
Ring & Size : --
Similarity : looks like torquise


pencahayaan natural - outdoor

pencahayaan natural... outdoor 



pencahayaan flash fill-in... bantuan blizt

terpa cahaya senter.... frontal



tampil di pajangan even pameran

Sisik batu feros Lombok dengan aura warna lebih dominan cerah



No comments:

Post a Comment