Tuesday, March 31, 2015

Bacan Obi - merah (SOLD)

SPESIKASI


Jenis : Bacan Obi - Red jade
Bentuk : Oval
Cutting style : Cabochon
Dimensi : 30 x 20 x 10 (mm)
Color : total merah
Clarity : translucent
Origin : Obi - Maluku Utara
Ring & Size : steel & 20
Uniqueness : size jumbo...
   


Note : Termasuk dalam kelompok Carnelian. secara translasi bahasa asing disebut sebagai "a translucent red or oranye variety of chalcedony". Komunitas gemstone lover diluaran sana menyebutnya sebagi Red jade... giok berwarna merah. Terbentuk oleh kadar mineral limonite. Cirinya tembus oleh cahaya (translucent) tapi bukan berarti sebening kaca. Ciri lainnya tentu dengan membaca rekah alur serat yang ada didalamnya. 
Konon, tidak seperti halnya bacan doko atawa palamea yang mampu berubah menjadi kristal, Proses peralihan dari kondisi 'kotor' menjadi transparan. Tentu saja, di poin ini kita harus mawas memahami sifat kekerasan (skala Mohs) bahwa kedua-nya (Doko & Palamea) memiliki gradasi "menjadi" keras secara bertahap. Kekerasan berkisar 2,5/3 berarti kandungan kapur masih dominan. Puncak kekerasan disebut mencapai 7,5 berarti kedua jenis batu ini telah mengalami pengkristalan. Mencapai puncak "hidup"-nya! Alasan paling realistis memaknai hakikat fenomena batu (Doko/Palamea) dikatakan sebagai batu hidup/bernyawa.  
Nah, Batu Obi justru lain, mereka akan tetap pada warna yang disandang-nya. Menurut referensi, bacan Obi/batu Obi tampil sejati seperti warna apa yang ada. Tidak akan berubah warna sampai kapan-pun. Kecuali mungkin dilakukan tehnik heating treatment. Beberapa kanal maya menyebut bahwa strata King Obi. Entah alasan apa yang membagi klasifikasi sampai akhirnya terurai 3 kategori pembeda. Ada Obi Biasa - Obi Master dan King Obi. Tidak ada penjelasan gamblang perihal ini. Simpang siur sih! 

Pengecualian opini, mengatakan bahwa King Obi adalah penyebutan untuk jenis batuan Obi yang memiliki multi warna dalam 1 bongkahan utuh. yang dalam proses alamiah-nya (olahan perut bumi) dapat bermetamorfosis menjadi 1 warna maupun kombinasi (panca warna). Cermati pasal kata "bongkahan utuh"... bisa jadi merujuk pada format besar. Artinya sangat janggal jika paduan/kombinasi warna tadi di-paksa bisa tampil hadir dalam 1 bentuk cabocon ataupun cutting untuk secuil mata cincin. Kecuali, kita dapat menemukan 2 bahkan lebih dalam nuansa pertemuan corak warna di alur serat batu bersangkutan. Ini hanya masalah tehnis pemotongan... dan metodelogi pilih-pilah. Bagaimanapun pada akhirnya kita akan meyakini bahwa dalam sebongkah... segenggam.. sebungkul..., apapun kadar ukuran yang disepakati, keindahan/eksotisme tiap secuil potongan-nya akan beda-beda, sesuai cara pandang kita. Baik untuk apresiasi dan interpretasi-nya. Sisi potongan cuil sebelah sini...atau cuil irisan sebelah sana dari bongkahan tadi beda nuansa. 

Asumsi sejauh ini : Obi kondisi 'sempurna' adalah diperoleh sesuai saat di pungut dari tambang.. dipotong, hingga di-olah tetap dalam warna abadi-nya. Sejati warna yang tidak akan berubah... dan kondisi translucent adalah puncak level terbaik. Tidak BAKAL alami perubahan warna, efek pengaruh 'dompleng' panas tubuh si tuan/puan pemakai-nya. Gejala inner micro geo-therma of a human body. Seperti halnya bacan Doko & Palamea. KECUALI dilakukan heating treatment.
Semoga menjadi wacana bermanfaat. Dan pencerahan berikutnya segera menyusul dan melengkapi. 


SOLD OUT





flash fill-in... sorotan blizt kamera DLSR







No comments:

Post a Comment