Saturday, February 27, 2010

keris Dinasti kerajaan Sumbawa

Kans kunjung,
Pernah menjadi peluang yang berarti bagi saya pribadi. Adalah mengabadikan 3 buah keris pusaka yang konon merupakan peninggalan kerajaan Sumbawa. Secara trah, pemiliknya masih garis keluarga kerajaan.
Salah satu item, warangka-nya terbungkus dengan bahan warna ke-emas-an(kuningan, tembaga ???) bermotif ukiran indah. Bergaya
Ladrangan khas Sumbawa yang juga masih mengadopsi tipe khas keris ala Sulawesi. Keindahan penampilan keris mewah seperti ini biasa disebut keris "Tataparang". Pegangan para sultan di jajaran pulau Sumbawa. Ada beberapa istilah pembeda. Di Kesultanan Bima disebut Lasamparaja, di Kesultanan Dompu bernama Balaba. Sedang pegangan para sultan Sumbawa berjuluk Baruwayat.

Bentuk Hulu (handle) menyerupai model ekor lebah. Ikon pertama berbahan kayu dan dilapisi (mungkin) lempeng emas yang dibentuk sesuai bentuk Hulu. Bertatah aneka jenis batu-batuan. Hulu pada keris yang berwarangka lapis perak tampil sedikit lebih bersahaja. Namun berpenampilan unik, material gading dan batu berwarna biru. Bentuk hulu tetap menyerupai kurva ekor lebah, hanya sedikit lebih ramping ujung. Sebagian referensi mengatakan model hulu lebih mendekati bentuk kepala burung. dan Batu-Biru bisa di andaikan sebagai mata.


Pada keris terakhir penampilan warangka lebih sederhana lagi. Tanpa hiasan apapun. dan bentuk Hulu sedikit keluar dari pakem khas biasanya. Berbahan material Tanduk. Ternyata menurut pemiliknya sengaja telah di salin. Sekedar upaya bangun kreasi saja. Meskipun secara pengamatan para komunitas ahli keris (aliran purist) tentu dianggap menyalahi pakem tradisi. Baik ikatan sejarah runut silsilah taste daerah muasal, tentu juga kode etik performa. Agak salahi "kodrat" resmi.

Adapun bentuk bilah, keris pertama memiliki tipe lurus, keris ke-2 tipe luk (liuk) berjumlah 9. Sedang keris ke-3 bertipe luk 5. Perihal jenis pamor, ketiga-nya memiliki bentuk pamor yang sama, yaitu "susun gunung".

Silahkan menikmati....,













How they stand.... the Balancing performance



3 comments:

  1. Terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat. Saya juga punya keris seperti keris tersebut, saya dapatkan dari nenek moyang saya. Bentuk sama dan bisa berdiri.

    Perkenalkan nama saya Muhammad Ikhsan, selaku Pemilik dan Pengelola dari website Keris.Biz.
    Website Keris.Biz merupakan salah satu website penyedia benda seni seperti keris, badik, pedang katana/samurai, benda antik dan bertuah serta benda-benda seni yang bernilai sejarah tinggi dan sangat langka. Beberapa koleksi tersebut saya dapatkan dengan berburu dari dalam dan bahkan luar negeri. Bagi Anda yang serius ingin memiliki dan merawatnya, beberapa dari koleksi tersebut saya maharkan. Silahkan lihat koleksi saya disini :
    www.Keris.Biz - Gallery Keris, Pedang, Katana, Badik, antik, bertuah dan langka

    ReplyDelete
  2. sLm kenal pak Ikhsan, terima kasih sdh kunjung blog sederhana saya.

    ReplyDelete
  3. yang bisa berdiri itu.. kerenn gan. share ya.
    tahukah anda, saat ini indonesia sedang demam batu, tak ketinggalan batu kecubung asihan yang dicari banyak orang, konon batu kecubung tersebut memiliki khasiat batu kecubung yang ampuh untuk menaklukkan lawan jenis atau ingin mendapatkan pasangan idaman, jika anda juga ingin mendapatkannya klik DISINI>> kecubung asihan

    ReplyDelete