Wednesday, May 4, 2011

FS : Golden DRAGON.. gelang NAGA

Description record :
circa production : vintage 70's/80's
gold smith          : Bali - Indonesia

carats                 : 22K
gemstone           : Ruby & black sapphire   

fauna mithology  : inspired legend of Naga Besuki 
style artificial       : complicated & traditional model

asking price : USD 20.000  (serious buyer only)
   


tentang karya Legenda NAGA....
,
Tampilan kali ini sekedar menayangkan asesoris perhiasan perempuan. Yang cukup menarik adalah model dan purna rupa penampilan ular Naga. Dengan tehnis pengerjaan terlihat cukup detil. Menyatukan beberapa material unsur alam. Pertama tentu saja pilihan selongsong logam mulia emas dengan kadar 22K. terpisah tiga bagian segmen... kepala-badan-ekor. Bertatah manikam... bebatuan alam, tepat dibagian ujung kepala. 

Sekilas bentuk pengerjaan model yang dipilih mendekati model tempo bahula. Mempertahankan sisi estetika dan ragam hingga ketelitian pernik partikel terkecil. Formasi sulur daun.. liuk dan pola lekuk .. performa ritme bintik... dan tumpuk spiral kawat emas. Yang jelas muasal awal mengatakan bahwa gelang ini adalah garapan pengrajin emas dari pulau dewata, Bali. Buatan sekitar tahun 70/80'an. Sangat beda dengan tipe model ke-kini-an yang didominasi bentuk dan pilihan trend aura minimalis.
Paduan bahan lain, pada lingkar gelang terlihat warna mix-match hitam-kecoklatan. Melingkar lentur menyesuaikan pemakaian sisip di pergelangan si pemakai. Disinyalir material utama merupakan asal dari cangkang (kulit luar) penyu. Jenis penyu sisik, inisial lain disebut Hawksbill turtle, dan debut lain-nya Eretmochelys imbricata. Terbilang jenis langka karena sudah masuk dalam jajaran hewan yang diLindungi undang-undang. Tertera di list appendix CITES.

Dengan sekelumit campuran racik bahan tadi setidaknya bisa jadi sedikit gambaran referensi singkat si Naga melingkar ini. Apakah bisa menjadi faktor penunjang pamor dan eksistensi sebagai benda seni yang tampil ala kadarnya. Atau bakal memberi nuansa tersendiri... Kembali pada si pemakai menyikapi. Semata kans berbagi perihal karya pengrajin negri sendiri....,













No comments:

Post a Comment