Friday, May 22, 2015

Feros porselin (SOLD)

SPESIKASI

Jenis : Firus polos
Bentuk : Oval
Cutting style : Cabochon
Dimensi :  x  x  (mm)
Color : biru muda, blue fancy
Clarity : Opaque.. translucent
Origin : mesir
Ring & Size : Perak/silver -  19/20
Similarity : --


Note : Ada sedikit julukan unik perihal si Firus polos. Di kalangan komunitas jawa menyebutnya dengan istilah  Firus sengkuni. tokoh antagonis di jagat pewayangan yang terkenal doyan adu-domba, banyak bacot dan tukang bumbu fitnah. Terus dimana titik-temu dengan inisial dan julukan ini tersambung? Belum juga ngeh saya merunut  jejak muasal istilah. Kecuali pada kesepakatan yang mungkin hadir diantara para penggemar disana.
Sebagian lain menyebutnya dengan Firus Naisyabur... merujuk pada kata Nishapur, yang berawal dari ejaan persia abad pertengahan. Jika di copas dari wikipedia berbahasa inggris, lengkap bait awal disebutkan begini-ni.. Nishapur or Nishabur (About this sound pronunciation Persianنیشابور‎, alsoRomanized as NīshāpūrNīshābūr, and Neyshābūr from Middle Persian:New-Shabuhr, meaning "New City of Shapur", "Fair Shapur",[4] or "Perfect built of Shapur")[5] is a city in the Razavi Khorasan Province, capital of theNishapur County and former capital of Khorasan, in northeastern Iran, situated in a fertile plain at the foot of the Mount Binalud. It had an estimated population of 239,185 as of 2011 and its county 433,105. Nearby are the turquoise mines that have supplied the world with turquoise for at least two millennia.  
Rentet kalimat terakhir sedikit mencerahkan, secara translasi...bla-bla-bla.. kota Naishapur terletak di kawasan subur di kaki gunung Binalud. Ber-DEKATan tambang turquoise (julukan lain batu Firux/pheros) yang telah menyumbang peredaran dunia dengan batu Firus  dalam kurang-lebih kurun 2 millenium. Luar biasa bukan?
Kenapa tidak memiliki jejak serat lain? Ya bisa dimaklumi jika ini adalah bagian dari bongkahan batu yang sengaja dipilih pada bagian yang punya kadar dominan warna Biru, alias mineral pembentuknya lebih sarat kandungan alumunium. Jadi bukan berarti batu replika atau bentukan sintesis. Ciri fisik yang lain, dinamai sudah berubah bak porselen karena sudah mampu ditembus pendar cahaya. 

Jika tadi disebut orang jawa menyebut dengan firus Sengkuni. Penamaan Fairus Naishabur sebetulnya juga belum spesifik... mengingat mengacu pada skala produksi besar dari jenis apapun yang ditambang dari asal negara bersangkutan. Ternyata bagi penggemar eropa lain lagi. Rupa total warna biru langit begini disebut dengan istilah Robin Egg's Blue.

Secara fisik, Peros porselin ini tidak memiliki nada warna yang sama. Tapi merupakan dual-color, pembauran biru muda dan sedikit 1 tingkat lebih kental. Dan masih menyisakan sedikit jejak noktah coklat yang memudar.

SOLD









sisi bawah pinggir tampak sudah translucent...



duo-pheros... just for compare each other...,



No comments:

Post a Comment